MANAJEMEN PEMASARAN DI ERA GLOBALISASI
Abstract
Puji Syukur kepada Sang Pencipta karena atas limpahan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan buku MANAJEMEN PEMASARAN DI ERA GLOBALISASI. Buku ini ditulis sebagai wujud sumbangsih pemikiran penulis untuk dunia pendidikan khususnya berkaitan dengan manajemen pemasaran era globalisasi.
Pemasaran internasional adalah pemasaran yang kegiatan operasinya melewati batas- batas lebih dari satu negara. Pemasaran global adalah kegiatan pemasaran oleh perusahaan global yang mempunyai bisnis global dengan strategi pemasaran global, pasar global maupun produk dan standar global di berbagai negara. Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan denangan penduduk negara lain atas dasr kesepakatan bersama. Globalisasi pasar dan kompetisi mengharuskan semua manajer untuk memperhatikan lingkungan global. Pemasaran internasional didefinisikan sebagai kinerja aktivitas bisnis termasuk keputusan-keputusan penentuan harga, promosi, dan distribusi produk ( barang dan jasa) kepada pelanggan/konsumen di lebih dari satu negara untuk mendapatkan keuntungan.Sektor jasa memberikan kontribusi terbesar bagi Gross Domestic Product (GDP) di negara-negara maju dan merupakan sumber lapangan kerja utama, baik di negara maju maupun negara berkembang.
Buku ini terdiri beberapa BAB. BABI. PENDAHULUAN; BAB II. PRINSIP DAN ORIENTASI MANAJEMEN PEMASARAN; BAB III. TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN KOORPORASI TRANSNASIONAL; BAB IV. STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL; BAB V. FAKTOR PENDORONG DAN PENGHAMBAT PEMASARAN GLOBAL.
Semoga tulisan ini dapat memberikan pemahan tentang manajemen pemasaran di era globalisasi dan bermanfaat untuk kita semua.