MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER
Abstract
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tulisan buku ini dengan judul ―MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER‖.
Pendidikan karakter merupakan segala usaha yang dilakukan guru untuk menciptakan suasana pembelajaran dalam mempengaruhi peserta didik. Dengan pendidikan karakter diharapkan lembaga pendidikan dapat membentuk dan mengembangkan potensi manusia atau warga negara Indonesia agar berpikiran baik, berhati baik, dan berperilaku baik sesuai dengan falsafah hidup Pancasila. Sedangkan manajemen pendidikan karakter adalah strategi yang diterapkan dalam pengembangan pendidikan karakter yang diselenggarakan dengan hasrat dan niat untuk mengejawantahkan ajaran dan nilai-nilai luhur untuk mewujudkan misi sosial sekolah melalui kegiatan manajemen. Pembelajaran di sekolah, berlangsung proses transformasi nilai-nilai luhur melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan kata kunci dari proses transformasi nilai-nilai luhur di sekolah.
Buku MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER ini terdiri dari beberapa bab, yaitu; BAB I. HAKIKAT MANUSIA, BAB II. MANAJEMEN PENDIDIKAN, BAB III. ORGANISASI DALAM PENDIDIKAN, BAB IV. KONSEP DASAR PENDIDIKAN BERKARAKTER, BAB V. MENCIPTAKAN RUANG KELAS YANG BERKARAKTER, BAB VI. STRATEGI PENGEMBANGAN RUANG KELAS BERKARAKTER, BAB VII. MENCIPTAKAN PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER, BAB VIII. MENCIPTAKAN SEKOLAH BERKARAKTER, BAB IX.STRATEGI MENCIPTAKAN SEKOLAH BERKARAKTER, BAB X. MENCIPTAKAN KELUARGA BERKARAKTER, BAB XI. MENCIPTAKAN MASYARAKAT BERKARAKTER, BAB XII PENILAIAN OTENTIK DALAM KONTEKS PENILAIAN KARAKTER . Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua dalam memanajemen pendidikan karakter anak.