IMPLEMENTASI ISO 9001: 2015 DI INSTITUSI PENDIDIKAN
Abstract
Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan buku ini. Buku ini hadir merupakan wujud sumbangsih pemikiran penulis untuk dunia pendidikan khususnya tentang “Implementasi ISO 9001: 2015 di Institusi Pendididikan”. Salah satu standar mutu manajemen pendidikan yang diadopsi oleh pendididikan adalah sistem manajemen mutu standar internasional yaitu International Standardization Organization ISO 9001 (series) yang selanjutnya konsep ini dikenal sebagai standar manajemen mutu (quality management) atau secara lengkap disebut sebagai Standar Manajemen Mutu. Dengan penerapan sistem mutu ISO 9001 tentunya akan membawa dampak positif bagi lembaga pendidikan, yaitu meningkatkan dan menjamin mutu dari produk atau jasa yang dihasilkan sehingga pada akhirnya akan meningkatkan tingkat kepuasan konsumen terhadap produk yang disediakan dan akan berkualitas para lulusannya.
Secara kelembagaan, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) diposisikan sebagai bagian dari keseluruhan fungsi manajemen pendidikan. SPMP sebagai salah satu fungsi manajemen pendidikan mengemban tugas dan tanggung jawab dalam mengukur dan menilai pemenuhan standar mutu sebagaimana yang telah ditetapkan dalam kebijakan atau regulasi. SPMP dalam kegiatannya fokus terhadap peningkatan mutu secara berkelanjutan dengan cara mengukur dan menilai mutu sistem pendidikan, kinerja institusi pendidikan, dan mutu program studi.
SPMP dapat dipandang sebagai instrumen kebijakan dalam mengefektifkan implementasi kebijakan untuk mencapai akuntabilitas satuan pendidikan terhadap masyarakat atau publik. Oleh karena itu di berbagai negara akreditasi (Accreditation) dijadikan salah satu cara atau metode yang digunakan dalam sistem penjaminan mutu pendidikan dan manajemen mutu secara keseluruhan (Total Quality ManagementkTQM). Di negara kita, akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan Program dan Satuan Pendidikan pada jalur pendidikan formal dan nonformal pada setiap jenjang dan jenis (Pasal 60 pp. 19/2005), melalui pendekatan audit, pengukuran dan evaluasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) PT, BAN SM, dan BAN PNFI.
Buku ini terdiri dari beberapa BAB; BAB I Pendahuluan, BAB II Prinsip-Prinsip Manajemen Mutu Sesuai ISO 9001:2015, BAB III. Manajemen Mutu Sesuai dengan Standar ISO 9001:2015, BAB IV. Perencanaan Penerapan Sistem Manajemen Mutu di Lembaga Pendidikan, BAB V. Manfaat ISO 9001: 2015. Semoga tulisan ini dapat dijadikan referensi untuk para dosen, guru, tenaga kependidikan mahasiswa, pemerhati pendidikan dalam mengembangkan dunia pendidikan dengan menggunakan pendekatan mutu ISO 9001:2015