Merdeka Kreatif di Era Pandemi Covid-19 Suatu Pengantar
Guru Milenial dan Covid-19
Abstract
Isitilah Guru Milenial mendadak menjadi hal yang lazim dewasan ini, apalagi selama
masa pandemi Covid-19. Covid-19 merubah wajah pendidikan kita termasuk guru
yang selama ini masih tidak menguasai teklologi mau tidak mau harus menggunakan
teknologi dalam melaksanan tugasnya. penelitian ini adalah menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Metode kualitatif lebih menekankan pada
pengamatan fenomena dan lebih meneliti ke subtansi makna dari fenomena tersebut.
Secara umum pembelajaran tatap muka (luring) masih dianggap efektif, namun satu
sisi peserta didik menyenangi kelas daring. hal ini mengidentifikasikan bahwa generasi
milineal memang generasi digital dan cenderung tidak suka dikekang oleh aturan.
Pendidikan karakter menjadi salah satu indikator kelulusan penting karena dalam
menyiapkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) peserta didik dimana perlunya
kesiapan Skill, Knowledge dan Attitude sebagai paket penting penilaian kelulusan.
Untuk itu penekanan pendidikan karakter menjadi sangat penting terutama
pembelajaran selama masa pendemi Covid-19