MANAJEMEN PENDIDIKAN VOKASI
Abstract
Puji Syukur kepaa Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat serta kasih sayang-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan buku ini. Buku ini hadir merupakan sumbangsih pemikiran penulis untuk dunia pendidikan khususnya tentang Manajemen Pendidikan Vokasi.
Pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu diselenggarakan di perguruan tinggi berbentuk akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut dan universitas. Bentuk penyelenggaraan pendidikan vokasi terdiri dari Program Diploma 1, Diploma 2, Diploma 3, dan Diploma 4. Pendidikan vokasi menganut sistem terbuka (multi-entry-exit system) dan multimakna (berorientasi pada pembudayaan, pemberdayaan, pembentukan watak, dan kepribadian, serta berbagai kecakapan hidup life skill. Pendidikan vokasi berorientasi pada kecakapan kerja sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan serta sesuai dengan tuntutan kebutuhan lapangan kerja.
Buku ini terdiri dari beberapa; BAB I. PENDAHULUAN (Pengertian Manajemen, Pengertian Pendidikan, Pengertian Vokasi, Sejarah Pendidikan Vokasi Di Indonesia); BAB II. KARAKTERISTIK MANAJEMEN PENDIDIKAN VOKASI (Pendidikan Umum, Pendidikan Kejuruan, Karakteristik Pendidikan Vokasi, Model Pembelajaran Vokasi, Struktur Kurikukum Pendidikan Vokasi); BAB III. ARAH DAN TUJUAN PENDIDIKAN VOKASI (Arah Pendidikan Vokasi, Tujuan Pendidikan Vokasi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasi, Ciri-Ciri Pendidikan Vokasi Yang Baik); BAB IV. PENDIDIKAN VOKASI DALAM TANTANGAN GLOBAL (Pendidikan Vokasi Melalui SMK, Pendidikan Vokasi Melalui SMA-LB, Pendidikan Vokasi Melalui Perguruan Tinggi, Pendidikan Vokasi Melalui Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP), Keterlibatan Dunia Usaha Dan Dunia Industri (DUDI)).; BAB V. KOMPETENSI (Pengertian Kompetensi, Ruang Lingkup Kompetensi, Lembaga Sertifikasi, Sertifikasi Kompetensi Lulusan).