Preprint / Version 1

PENGANTAR SOSIOLOGI PENDIDIKAN

##article.authors##

  • HADION WIJOYO STMIK DHARMAPALA RIAU

Abstract

Puji Syukur kepada Allah SWT karena atas limpahan
rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan buku Pengantar
Sosiologi Pendidikan ini. Buku ini ditulis sebagai wujud
sumbangsih pemikiran penulis untuk dunia pendidikan.
Sosiologi pendidikan adalah cabang ilmu yang menjelaskan
hubungan-hubungan sosial yang mempengaruhi individu untuk
mendapatkan serta mengorganisasikan pengalaman. Sosiologi
pendidikan mempelajari kelakuan sosial serta prinsip-prinsip
untuk mengontrolnya. Sosiologi pendidikan merupakan sebuah
ilmu pengetahuan yang mempelajari permasalahan-permasalahan
pendidikan dan berusaha untuk mencari pemecahanya
berdasarkan pendekatan sosiologis.
Tujuan dari sosiologi pendidikan adalah untuk
menganalisis proses sosialisasi anak, baik dalam keluarga maupun
masyarakat, menganalisis perkembangan dan kemajuan sosial,
menganalisis status pendidikan dalam masyarakat, menganalisis
partisipasi orang berpendidikan dalam kegiatan sosiologi, dan
membantu menemukan tujuan pendidikan. Sebagai pendidik
ataupun calon pendidik harus mampu memahami semua hal yang
berada disekitar kita baik masyarakat peserta didik, lingkungan
dan sebagainya. dengan mempelajari sosiologi pendidikan seseorang bisa mengetahui dan meahami orang lain. Dengan
menguasai sosiologi pendidikan maka para pendidik akan
mengetahui tentang proses interaksi sosial anak-anak mulai dari
keluarga, masa sekolah sampai dewasa serta dengan kondisikodisi
sosial dab budaya masyarakat.
Buku ini hadir kehadapan para pembaca merupakan
sumbangan pemikiran penulis untuk bidang sosiologi pendidikan.
Buku ini terdiri dari beberapa BAB yaitu; BAB I. PENDAHULUAN:
A. Pengertian Sosiologi. B. Pengertian Pendidikan. C. Pengertian
Sosiologi Pendidikan. D. Tujuan dan Kegunaan Sosiologi
Pendidikan. E. Objek Sosiologi Pendidikan. F, Ruang Lingkup
Sosiologi Pendidikan. G. Pentingnya Mempelajari Sosiologi
Pendidikan. BAB II. SEJARAH SOSIOLOGI PENDIDIKAN: A.
Perkembangan pada abad pencerahan. B. Pengaruh perubahan
yang terjadi di abad pencerahan. C. Gejolak abad revolusi. D.
Kelahiran sosiologi modern. BAB III. PENDIDIKAN DAN
MASYARAKAT; A. Peran Sosial, Edukatif, Dan Profesi Guru. B.
Sekolah, Sosialisasi Anak, Dan Pembentukan Kepribadian. C.
Stratifikasi Sosial. D. Mobilitas Sosial. BAB IV. MORAL DAN
PENYIMPANGAN PERILAKU; A. Perubahan Sosial. B. Kesetaraan
Gender. C. Globalisasi. D. Multikulturalisme. BAB V. ERA BARU
BIDANG PENDIDIKAN; A. Pandemi Covid-19. B. Efek Covid-19
Dalam Bidang Pendidikan. C. Perubahan Paradigma Bidang Pendidikan. D. Kebijakan Pemerintah. E. Kesiapan Dunia
Pendidikan.
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

Downloads

Posted

2021-01-06