Preprint / Version 1

PENGANTAR PSIKOLOGI PENDIDIKAN

##article.authors##

  • HADION WIJOYO STMIK DHARMAPALA RIAU

Abstract

Puji Syukur kepada Allah SWT karena atas limpahan
rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan buku Pengantar
Psikologi Pendidikan ini. Buku ini ditulis sebagai wujud
sumbangsih pemikiran penulis untuk dunia pendidikan.
Anak didik memiliki perilaku, karakter dan kemampuan
yang berbeda maka dalam proses belajar mengajar seorang
pendidik harus memperhatikan faktor psikologis anak, karena
pendidikan sebagai suatu proses perubahan tingkah laku yang
diperolah melalui belajar mengajar yang tidak akan dapat
dipisahkan dari psikologi. Psikologi merupakan ilmu pengetahuan
yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu
maupun dalam hubungannya dengan lingkungan. Psikologi
pendidikan berkaitan dengan bagimana siswa belajar dan
berkembang. Dalam proses kegiatan-kegiatan pendidikan peranan
psikologi menjadi sangat mutlak dilakukan.
Manfaat mempelajari psikologi pendidikan dalam proses
pembelajaran yaitu kegiatan pembelajaran akan sesuai dengan
karakteristik siswa, pemahaman alami aktivitas belajar di dalam
kelas, pembelajaran akan bervariasi, metode mengajar akan
efektif, membelajaran akan menyenangkan, pendidik akan lebih
peka terhadap perilaku dan kebutuhan siswa, pendidik akan dapat
mengembangkan diri sendiri untuk menjadi manusia pembelajar, mengetahui teknik-teknik yang tepat untuk memaksimalkan
potensi belajar siswa, guru mampu memahami problem dan sebabsebab
timbulnya problem siswa.
Buku pegantar psikologi pendidikan ini terdiri beberapa
BAB. BAB I. PENDAHULUAN, BAB II. SEJARAH PSIKOLOGI
PENDIDIKAN, BAB III. MANFAAT DAN METODE PSIKOLOGI
PENDIDIKAN, BAB IV. PENTINGNYA MEMPELAJARI PSIKOLOGI
PENDIDIKAN, BAB V. PERKEMBANGAN MANUSIA, BAB VI.
PERKEMBANGAN MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN
PSIKOLOGI PENDIDIKAN.
Semoga tulisan ini dapat memberikan pemahaman
tentang psikologi pendidikan.

Downloads

Posted

2021-01-06