Preprint / Version 1

PENGELOLAAN PAUD DAN PNF BERBASIS MUTU

##article.authors##

  • HADION WIJOYO STMIK DHARMAPALA RIAU

Abstract

Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas limpahan rahmat-Nya sehingga penulisan buku “Pengelolaan PAUD dan PNF Berbasis Mutu” ini dapat diselesaikan. Buku ini penulis tulis adalah merupakan wujud sumbangsih pemikiran penulis untuk dunia pendidikan khususnya tentang PAUD dan PNF.
Secara normatif, mutu ditentukan berdasarkan pertimbangan (kriteria) intrinsik dan ekstrisik. Berdasarkan kriteria intrisik, mutu pendidikan merupakan produk pendidikan yakni manusia yang terdidik sesuai dengan standar ideal. Berdasarksn kriteria ekstrinsik, pendidikan merupakan instrumen untuk mendidik, tenaga kerja yang berlatih. Untuk melihat sejauh mana mutu suatu satuan pendidikan dalam hal ini mutu PAUD dan PNF maka harus dilakukan penilaian melalui akreditasi. Akreditasi dilakukan bermanfaat bagi pemerintah adalah sebagai usaha pengendalian dan penjaminan mutu pendidikan. Akreditasi merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban publik pemerintah atas mutu program dan satuan PAUD dan PNF. Dengan mendapatkan hasil peta mutu pendidikan yang berlangsung pemerintah dapat mengembangkan program-program pembinaan yang yang diperlukan bahkan sekaligus juga pengendalian yang perlu dilakukan agar pelaku-pelaku di bidang pendidikan turut serta dalam usaha memberikan layanan pendidikan dengan mutu yang baik. Akreditasi juga berfungsi sebagai perlindungan sosial (social guarantee) kepada masyarakat dalam jaminan kualitas pendidikandan dapat dijadikan sebagai quality assurance yang diharapkan mengarahkan lembaga untuk menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu, akreditasi diharapkan dapat memacu lembaga tidak hanya sekedar mendeteksi keberadaan pemenuhan butir dalam bentuk dokumen (Aspek Compliance) tetapi juga untuk mendorong lembaga mengimplementasikan proses pendidikan sesuai dengan apa yang didokumentasikan (Aspek Performance). Semoga buku ini dapat dijadikan referensi untuk para Dosen, Guru, Mahasiswa, pemerhati pendidikan dalam mengembangkan dunia pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan non formal (PNF) yang berbasis mutu.

Downloads

Posted

2021-01-06